Kalo bisa ribet ngapain cari yang mudah

Label

cerita (8) film (2) friend (3) hack (1) isu (1) review access point (1) tips (27) tugas kuliah (2) tutorial (2)

Senin, 03 Agustus 2009

Computer Security


Spam? Phising? Virus? Worms? Trojan? BotNet? Rootkit? Spy/Adware, Malware?
wah, istilah apa yah itu?
semua itu adalah istilah komputer dapat berupa program yang berada di komputer-komputer yang ada di lingkungan kita, dan kemungkinan tanpa anda sadari program itu telah ada di komputer anda. Atau istilah suatu kegiatan yang dapat membahayakan pengguna komputer.
Biasanya program itu berfungsi sesuai dengan namanya, misalkan;

  1. Spam, biasanya berupa tawaran yang anda tidak pernah meminta untuk di kirim ke anda, biasanya berupa obat-obatan, perhiasaan, atau jasa, spam ini terdapat di Email, website, Internet messaging, SMS. Spam di ambil dari merk SPAM yang merupakan makanan daging babi kaleng. SPAM di gunakan pada saat acara komedi televisi “Monty Python’s Flying Circus” dimana di setiap menu terdapat menu SPAM.
  2. Phising, berupa suatu cara untuk mendapatkan informasi rahasia dari pengguna komputer (biasa berupa no kartu kredit, bank account, password, email, dan informasi sensitif lainnya). Phising biasanya di lakukan dengan memalsukan website asli dengan tampilan yang sama persis, hanya informasi yang di masukan tidak masuk ke pembuat website asli, tapi informasi rahasia tersebut akan di kirim ke penjahat yang membuat website phising.
  3. Virus, merupakan program kecil yang dapat mereplikasi diri sendiri (seperti virus di tubuh manusia) dan melakukan fungsi tertentu yang telah di program oleh pembuat virus. Dengan kemajuan teknologi internet, Virus ini dapat menyebar dengan sangat cepat, mereka ini menempel pada file-file, baik berupa file aplikasi ataupung file multimedia (gambar, video, audio,dll).
    setelah virus ini masuk ke komputer, maka virus ini mulai melakukan tugas-tugasnya, seperti mendownload membuat suatu celah keamanan di komputer korban, menghapus file, mengirim file ke pembuat virus, sampai mengformat harddisk anda, sehingga anda tidak dapat menggunakan komputer anda lagi dan kehilangan semua data-data di dalamnya.
  4. Worms, merupakan jenis program kecil yang berfungsi seperti namanya (worms = cacing), program ini tidak seperti virus yang harus menempel pada file atau aplikasi, tapi program ini dapat bekerja sendiri tanpa campur tangan si pengguna komputer. Bilamana worm telah dapat masuk ke suatu komputer target, worm ini akan segera mungkin bekerja dengan mencari komputer-komputer target lainnya (Biasanya di dalam satu jaringan) dan mencoba untuk masuk dan berkembang biak di komputer target lainnya. Worm biasanya tidak seperti virus yang menyerang komputer, Tapi berbahaya bagi jaringan yang tertular, karena akan sangat memakan kapasitas bandwidth jaringan,sehingga jaringan dapat lumpuh.
  5. Trojan, berasal dari kata Trojan Horse, program ini tampak tidak berbahaya bagi pengguna, sehingga pengguna komputer tanpa sadar telah mengunduh aplikasi yang dapat berbahaya berupa Virus atau Worms. Sebagai contoh, pengguna mengunduh file aquarium.scr yang mana pembuatnya mengatakan bahwa itu adalah program screensaver, tapi ketika di jalankan program screensaver ini menjalankan program lainnya yang dapat berupa virus atau worm tanpa pengetahuan si pengguna.
  6. Botnet, adalah sebuah nama untuk suatu koleksi software robot atau bot, yang berjalan secara otomatis dan di kontrol oleh pemilik bot untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti mengirim email spam atau menyerang suatu jaringan di internet. Aplikasi ini dapat di bawa oleh Trojan horse untuk masuk ke dalam suatu pc target, tanpa sepengetahuan pengguna, dan biasa para pengguna tidak menyadari adanya aplikasi bot di dalam komputer mereka, karena program bot biasanya tidak melakukan apapun juga, sampai di perintah oleh pemilik bot (botnet’s originator atau dikenal juga sebagai “bot herder”). Dalam pengoperasian, kebanyakan botnet menggunakan system IRC (Internet Relay Chat), dimana secara otomatis program bot akan terkonek dengan suatu IRC server, dan menunggu perintah dari pemilik bot.
  7. Malware, adalah suatu aplikasi yang di buat untuk melakukan penetrasi atau merusak sistem komputer tanpa pengguna sadar, Aplikasi dianggap malware di dasarkan dari tujuan bukan dari fitur aplikasi, yang termasuk di dalam jenis malware adalah virus, worm, trojan, rootkits, spyware atau adware.
  8. Rootkits, adalah suatu aplikasi yang dapat di jalankan secara otomatis untuk mendapatkan akses pada target komputer dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan kode pada operating system atau aplikasi yang terinstall. Rootkit akan menginstall kode-kode tertentu sehingga komputer target dapat di kuasai oleh penyerang sehingga penyerang dapat bertindak sebagai administrator dari pc target.
  9. Adware, adalah aplikasi yang akan menjalankan aplikasi iklan bila aplikasi di jalankan, aplikasi spyware jahat juga dapat mencuri data-data rahasia dan pribadi dari pemilik komputer. Contoh apliksi spyware ini adalah Eudora, dimana bila pemakai eudora tidak membeli licensi dan waktu percobaan telah habis, maka secara otomatis eudora akan menampilkan iklan-iklan. Dimana eudora akan mendapatkan pendapatan dari iklan-iklan yang di klik oleh pengguna.
  10. Spyware, adalah aplikasi yang mempunyai tujuan mengumpulkan data-data pengguna komputer, seperti situs-situs yang di kunjungi, barang-barang yang biasanya di beli, tanpa sepengetahuan pengguna komputer. Dengan tujuan agar si pembuat / pemilik spyware ini mendapatkan informasi-informasi yang dapat di jual atau di gunakan untuk kepentingan-kepentingan bisnis atau kriminal.

Cara Pencegahan

Banyak cara pencegahan yang dapat di lakukan, sepeti;

  1. Install firewall / personal firewall.
  2. Install Antivirus / dan lakukan update secara regular.
  3. Jangan klik sesuatu selama anda menjelajah internet tanpa membaca dan mengerti.
  4. Hindari website-website yang menawarkan program-program gratis, biasanya mereka menaruh file-file virus / trojan di situs-situs seperti ini.
  5. Hindari pengisian informasi data diri anda, atau bilamana sangat di perlukan pastikan website dapat di percaya.
  6. Jangan taruh email anda pada sembarang website.
  7. Pastikan tanda gembok kunci di kanan bawah browser anda berupa gambar gembok terkunci untuk situs-situs yang sensitif, dengan gambar gembok terkunci berarti semua data antara pc anda dengan situs tersebut di enkripsi, dan tidak gampang di lihat oleh penjahat.

0 komentar: